POSTED: 11 June 2018

 Ramadhan bulan berkah, ungkapan ini memang sangat tepat. Lihat saja, usaha apapun di bulan puasa dan jelang Lebaran mampu menghasilkan keuntungan luar biasa. Apalagi usaha di bidang makanan berbasis terigu. Dari tahun ke tahun, selalu saja ada orang yang beralih ke usaha makanan atau sekadar untuk mencari tambahan. Salah satu diantaranya adalah kue Lapis Surabaya.

 
Lapis Surabaya sebagai salah satu jenis kue basah memang memiliki potensi bisnis yang besar. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Apalagi masih di awal usaha, cukup dengan skala usaha rumah tangga.
 
Konsumen kue lapis memang tidaklah sulit. Suguhan sensasi nikmat yang disajikan kue lapis mampu memikat banyak orang. Konsumen kue lapis pun tak terbatas, mulai kalangan anak-anak sampai orang dewasa. Lapis Surabaya juga sangat cocok disantap saat acara berkumpul, kapanpun dan dimanapun.
 
Kue lapis yang satu ini memang salah satu kuliner khas dari Kota Surabaya, tapi saat ini dengan mudah ditemukan di berbagai kota besar. Contohnya Lapis Surabaya buatan Fika Cakes yang sangat terkenal dan memiliki banyak cabang. Mulai dari kawasan Ciledug Tangerang, Jakarta hingga Bogor. Atau Maharaja Super Cake dan Kelinci Mas di Jakarta Timur.
 
Memang ada yang belum paham betul membedakan Lapis Surabaya dengan Lapis Legit. Tapi kalau ditelusuri lebih jauh ada perbedaan diantara kedua kue basah ini meski memang keduanya memakai bolu lapis sebagai bahan utama.
 
Lapis Surabaya memiliki bentuk yang cantik dan teksturnya yang lembut serta rasa yang lezat. Kebanyakan Kue Lapis Surabaya dibuat dengan adonan lapisan warna kuning, kemudian lapisan coklat, lalu ditambahkan lagi dengan lapisan yang kuning. Sehingga tampilan kue lapis terlihat sangat cantik dan menarik. Pasti sudah banyak yang tahu kelezatan kue dengan 3 lapisan berciri khas perpaduan warna kuning dan cokelat ini.
 
Lapis Legit mempunyai banyak lapisan dan minimal 18 lapisan. Sedangkan Lapis Surabaya hanya memiliki 3 lapisan tebal. Perbedaan lainnya adalah aroma. Lapis Legit memiliki keunikan dengan aromanya rempah dan setiap lapisannya dipanggang satu persatu di dalam satu Loyang. Sedangkan Lapis Surabaya dapat dimasak langsung ke dalam 3 loyang yang berbeda, kemudian disatukan di dalam 1 loyang dengan memakai selai.
 
Untuk menjalankan usaha kue lapis ini, beberapa peralatan penting yang dibutuhkan antara lain etalase , panci, saringan atau kukusan, timba, pencapit makanan, mesin mixer spiral, kompor gas, pengaduk/mixer kue, nampan, gelas, sendok,mesin blender, mesin parut kelapa, peyaring  dan peralatan pendukung lainnya.
 
Untuk memasarkannya, tidak selamanya harus dengan membuka toko. Tapi cukup dengan cara online. Dapat juga menjalankan strategi pemasaran kedai kue lapis lewat menyebarkan berbagai brosur. Di awal merintis, karyawan yang dibutuhkan juga cukup 1 orang karena tidak terlalu sulit proses produksinya. Mudah dan menarik kan. Kenapa tidak coba usaha Lapis Surabaya. (RAP/diolah dari berbagai sumber)
2

Silahkan login terlebih dahulu untuk mengirimkan komentar.
Related Artikel