POSTED: 03 Agustus 2016

Produk bogasari sudah beredar di seluruh pasar di Nusantara hampir 45 tahun lamanya. Mulai dari tepung terigu sebagai produk utama sampai dengan produk sampingnya berupa bran, polard dan pellet. Ditambah dengan berbagai bermacam – macam produk pasta, macaroni dan berbagai bumbu pasta. 

Hasil produk dari  bogasari semua berupa produk industri. Perlu pengolahan dan proses lebih lanjut agar bisa dikonsumsi langsung oleh individu. Misal untuk produk utama tepung terigu, perlu diolah menjadi produk makanan agar bisa dikonsumi. Berbagai macam olahan makanan bisa dihasilkan dari produk ini di antaranya :

  1. Roti
  2. Mie
  3. Kue Tradisional (Jajan Pasar)
  4. Biskuit
  5. Pastry
  6. Pancake
  7. Cake

Contoh produk – produk UKM yang saat ini ada di pasaran antara lain : martabak, pukis, kebab masuk kategori pancake,  gorengan masuk jajan pasar, bagelen masuk jajan pasar, bakpao masuk roti. Sebenarnya masih banyak produk lain yang beredar di antaranya almond crispy, nuget, stik, cone, crepes dll, namun untuk sementara kita kelompokan kategori produk ini berdasarkan proses pembuatannya, seperti contoh di atas. 

Produk yang proses produksinya perlu pengembangan (ragi) di kategorikan roti, untuk produk yang dihasilkan dari proses pengorengan di kategorikan jajan pasar. Untuk produk yang proses produksinya dengan dicetak masuk kategori pancake. 

Untuk tahap pertama ini, kita akan jelaskan tentang Roti. Apa itu roti dan macam – macamnya apa saja. Pertama kita akan bagi Roti menjadi 5 jenis diantaranya Roti Tawar, Roti Manis, Roti Kukus, Roti Continental dan Donat

  1. Roti Tawar

Roti tawar adalah adalah roti yang tidak ada tambahan rasa atau isi apapun, sehingga rasanya tawar. Definisi Roti tawar (sesuai wikipedia) adalah makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air, yang difermentasikan dengan ragi, tetapi ada juga yang tidak menggunakan ragi. Namun kemajuan teknologi manusia membuat roti tawar diolah dengan berbagai bahan seperti garam, minyak, mentega, ataupun telur untuk menambahkan kadar protein di dalamnya sehingga didapat tekstur dan rasa tertentu.

Roti termasuk makanan pokok di banyak negara Barat. Roti adalah bahan dasar pizza dan lapisan luar roti lapis. Roti biasanya dijual dalam bentuk sudah diiris, dan dalam kondisi "fresh" yang dikemas rapi dalam plastik.

  1. Roti Manis

Roti manis adalah adalah roti yang ada tambahan rasa (gula) dan atau tanpa isi bermacam - macam, sehingga rasanya manis. 

  1. Roti Kukus

Roti yang dibuat dari adonan yang melalui proses pengembangan dengan bahan tambahan seperti ragi atau soda kue serta melalui proses pengukusan untuk mendapatkan hasil akhirnya. 

  1. Roti Continental

Roti yang mengunakan ragi sebagai bahan pengembangnya dan pada umumnya menggunakan lemak padat seperti, margarine, mentega dan shortening untuk kandungan lemak atau bahan pelembut.

  1. Donat

Roti yang mengunakan ragi sebagai bahan pengembangnya dan umumnya proses pembuatan rotinya digoreng. Donat sudah menjadi makanan tren di Asia sampai dengan Eropa. Banyak branded donat sudah mendunia dan roti ini di minati hampir semua kalangan mulai anak anak sampai dewasa, kalangan bawah maupun masyarakat kelas atas.

6

Silahkan login terlebih dahulu untuk mengirimkan komentar.